CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Senin, 11 November 2013

Fungsi Seni Tari



  • ·        Fungsi seni tari


   Seni tari tidak sekedar ungkapan atau ekspresi spontan tatkala senang dan sedih. Tari berkembang sesuai dengan kabutuhan sosial sehingga mempunyai fungsi dalam kehidupan bermaasyarakat.

   Tari memiliki fungsi sebagai Sarana upacara adat dan religi, geraknya ekspresif dan imitatif (meniru gerak disekitar). Komposisi tariannya ; melingkar, berjajar, atau berbaris.

   Tari memiliki fungsi sebagai saran pertunjukan, berguna untuk menghibur masyarakat luas. Dari sinilah para seniman tari bisa berkembang.

   Tari memiliki fungsi sebagai media pendidikan, tari dpat membentuk keseimbangan emosi, keterampilan, dan budi pekerti seperti membina kerja kelompok, berpenampilan santun dan toleransi. Fungsi inilah yang kemudian melahirkan sanggar-sanggar tari, dengan ini kita bisa mempelajari dan mengetahui jenis-jenis tari di berbagai daerah.

   Peran tari bagi masyarakat diantaranya sebagai pemersatu, menciptakan hubungan yang lebih baik antar sesama warga. Tari juga dapat menjadi maskot atau simbol suatu daerah. Tarian yang khas menjadi ciri yang membedakan suatu daerah dengan daerah lain. Tari menjadi sumber kesejahteraan seniman dan masyarakat umum. Tari juga sebagai salah aset parawisata juga turut meningkatkan devisa negara. Lebih lanjut lagi, seni tari dapat menjadi pemersatu antar bangsa, media pemerangan, media terapi penyembuham, pembentuk tubuh, sarana kesehatan bahkan sebagai sarana komunikasi yang mengasyikkan ..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar