CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Senin, 11 November 2013

Sejarah Seni Tari



  • ·        Sejarah seni Tari


    Seni tari terus tumbuh dan berkembang sejak zaman prasejarah, sampai modern. Ini terlihat dari perkembangan geraknya. Dari yang sangat sederhana > sederhana > terkonsep secara estetis > sampai tidak beraturan atau bebas.

    Karya tari pada zaman prasejarah betul-betul berbentuk ungkapan ekpresif. Rasa senang dan sedih diungkapkan dengan gerak hentakan kaki, tepukan tangan, jeritan, bahkan berguling-guling.

    Pada zaman sejarah bentuk-bentuk gerak tari sudah mengarah pada maksud atau tujuan kegunaan menari. Tari tidak hanya sebagai ungkapan perasaan tetapi sebagai sarana hiburan dan persembahan. Karena seni lain juga sudah berkembang unsur-unsur pendukung tari seperti busana, properti atau perlengkapan tari, rias, dan musik juga telah lebih maju.

    Pada masa inilah muncul tari tradisional kerakyatan dan tari tradisional klasik. Bentuk gerak tari zaman modern betul-betul digarap dengan gaya baru yang lebih bebas. Misalnya cara manusia terbang, hewan bernyanyi dan bermain ditaman, orang berjalan seperti robot, dan lain-lainnya.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar