CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Senin, 11 November 2013

Unsur Pendukung Seni Tari



  • ·        Unsur pendukung tarian


Tari tak sekedar gerak-gerak bermakna dan simbolis yang indah. Agar dapat lebih menarik hati yang melihatya, tari memerlukan unsur pendukung keindahannya. Beberapa unsur seni tari, sebagai berikut :

-          Tata rias dan Busana
Tata rias dan busana tari tradisional kerakyatan berfungsi untuk memperindah penampilan penari. Selain itu, rias dan busana ini dapat menjadi ciri khas tersendiri untuk membedakan tari tradisi rakyat suatu daerah dengan ndaerah lain. Rias adalah
-          Properti seni tari
adalah segala kelengkapan dan peralatan dalam penampilan atau peragaan menari. Properti dapat terbuat dari kain, kayu, besi, plastik, tembaga, atau kulit. Properti ada juga yang merupakan bagian dari busana dan asesoris.
-          Irama musik untuk tari
Irama musik dalam seni tari merupakan seragkaian bunyi dan alat musik yang diselaraskan dengan gerak tari yang diperagakan. Dalam irama ada waktu untuk mengukur seberapa lama rangkaian gerak yang satu dilakukan sebelum berpindah ke rangkaian gerak berikutnya. Waktu dalam gerak tari terbagi menjadi dua yaitu ;

o   Tempo gerak adalah waktu sepanjang gerak dilakukan, sejak memulai sampai mengakhiri gerak.
o   Irama gerak adalah waktu yang dipakai untuk meyelesaikan rangkaian gerak sehubungan dengan tempo dan dinamika. Maksudanya, tempo dan irama dikaitkan dengan jenis gerak dan tema tarian.
     Irama musik untuk seni menurut asal suaranya dibedakan menjadi dua, yaitu;
o   Musik internal adalah musik yang berasal dari diri manusia, seperti tepukan tangan, hentakan kaki, petikan jari, siulan, jeritan, atau nyanyian.
o   Musik eksternal adalah musik yang dihasilkan oleh alat musik, benda yang dibunyikan, atau direkam dari alam.

           Fungsi irama musik dalam seni tari selain sebagai pengiring tari juga sebagai pemertegas gerak, memberi gambaran suasana, dan merangsang munculnya gerak.
-          Bentuk musik pengiring tari

    Bentuk musik pengiring tari disesuaikan dengan darimana tarian tersebut tumbuh dan berkembang. Musik pengiring tari mempunyai perbedaan sesuai dengan proses penciptaannya. Musik atau iringan tari tradisional kerakyatan disesuaikan dengan budaya daerah setempat sedangkan musik atau pengiring tari kreasi merupakan perpaduan aneka ragam alat musik yang disesuaikan dengan bentuk gerak tarinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar